Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke kediaman Gus Baha di Rembang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2023). Dok: instagram @ganjarpranowo

REMBANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke kediaman Gus Baha di Rembang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2023). Pada kesempatan itu Gus Baha memberi beberapa pesan kepada Ganjar.

Pada kesempatan itu, Ganjar menjadi santri selama kurang lebih dua jam ke Kiai Haji Ahmad Bahauddin Nur Salim atau yang populer dengan sebutan Gus Baha.

“Jadi ya ikut nyantri sebentar tadi sama Gus Baha,” kata Ganjar di Ndalem Gus Baha, di kompleks Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an LP3IA Desa Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang.

Calon presiden PDIP itu senang mendapat kesempatan menjadi santri dan belajar hal baru dari Gus Baha.

“Saya itu kalau ketemu Gus Baha, satu pasti belajar sesuatu yang baru. Hari ini saya silaturahmi dan halalbihalal ke Gus Mus, ke Gus Baha, mumpung satu jalur,” katanya.

Ganjar mengatakan, Gus Baha memberikan beberapa pesan seperti pemimpin tidak boleh memusuhi rakyatnya.

Gus Baha berpesan kepada Ganjar jika seorang pemimpin harus mengayomi dan melindungi rakyat.

“Kalau beliau ngaji dan sebagainya itu selalu solutif, iso ngene kenopo ngono, lalu coba dibalik cara berpikirmu, satu per satu contoh itu diberikan. Sangat inspiratif,” ucap dia.

Bagi Ganjar, Gus Bahaadalah sosok ulama yang santun dalam dakwah. Hal itu yang membuatnya disukai masyarakat.

Jurnalis: Agung Nugroho