Johnny G Plate dan Anies Baswedan. Dok: ist

JAKARTA – Usai penetapan Johnny G Plate sebagai tersangka korupsi, bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Anies mengungkapkan hasil pembicaraannya selama 2,5 jam itu.

“Saya bangga dengan Bang Surya Paloh. Ada konsistensi dari seseorang yang kukuh memegang prinsip dan komitmen berapapun besar cobaan,” kata Anies di Gedung DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Selasa (17/5/2023).

Anies mengaku dirinya menangkap suasana keprihatinan dari Surya Paloh. Hal itu imbas penetapan tersangka terhadap Sekretaris Jenderal Partai NasDem sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

“Tapi di sisi lain ada konsistensi di tengah tantangan yang harus dihadapi atas sikap dan atas pilihan yang dilakukan,” kata dia.

Anies menilai Surya Paloh hendak menyampaikan sebuah sikap. Yakni, menyatakan kepada seluruh pihak ada kesetaraan dan kesempatan mendapat perlakuan yang sama.

“Seseorang yang lantang menyatakan menghormati kebhinekaan adalah dengan menjaga persatuan,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies optimistis pesan itu membawa hasil positif. Menurutnya, nilai-nilai kebenaran mesti dijunjung tinggi.

Anies tiba di Gedung DPP NasDem sekitar pukul 18.25 WIB. Anies dan sejumlah pejabat NasDem baru turun menyapa awak media sekitar pukul 20.55 WIB.

Jurnalis: Dewo