Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka saat deklarasi Kota Lengkap Surakarta, Rabu (10/5/2023). Dok: ATR/BPN

JAKARTA – Elektabilitas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tertinggi sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah mendatang. Hal itu diperoleh dari hasil survei terbaru Parameter Politik Indonesia menunjukkan

Menurut hasil survei, elektabilitas Gibran mengalahkan tokoh-tokoh lain, seperti Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Hendrar Prihadi dan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Priyatno mengatakan Gibran Rakabuming Raka mendominasi kontestasi dengan dukungan sebesar 45,0 persen. Gibran, kata dia, unggul nyaris 40 persen dari Taj Yasin Maimoen yang berada pada urutan 2 dengan 5,8 persen elektabilitas.

Sementara Hendrar Prihadi berada pada posisi 3 dengan 3,6 persen elektabilitas, disusul dengan Dico Ganinduto 3,3 persen dan KH Yusuf Chudlori 2,9 persen.

“Dengan data ini, dapat disimpulkan bahwa sementara ini peluang Gibran memenangi Pilkada Jawa Tengah sangatlah besar jika dibandingkan dengan di DKI Jakarta sehingga pilihan terbaik bagi Gibran saat ini adalah maju dalam Pilgub Jawa Tengah,” kata Adi Priyatno dalam rilis hasil survei bertajuk ‘Peta Politik Elektoral Pilkada Jawa Tengah 2024’ secara daring, Kamis (22/6/2023).

Survei Parameter Politik Indonesia ini dilakukan pada 2-11 Juni 2023 terhadap 800 responden yang merupakan warga ber-KTP Jawa Tengah.

Pengambilan sampel respoden dilakukan secara proporsional di 35 Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Tengah dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki level kepercayaan 95,0 persen dengan margin of error sebesar 3,5 persen.

Jurnalis: Agung Nugroho