Jakarta International Stadium. Dok: ist

JAKARTA – Presiden Jokowi menginstruksikan agar Jakarta International Stadium (JIS) direnovasi sesuai standar sebelum nantinya dijadikan stadion alternatif penyelenggaraan Piala Dunia U-17. JIS diusulkan sebagian pihak agar bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 di Indonesia.

“Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar,” kata Menpora Dito Ariotedjo saat ditemui di sela-sela acara HUT AMPI Golkar, di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta, Rabu (28/6/2023).

Dito Ariotedjo mengatakan, JIS memiliki sejumlah catatan yang perlu diperbaiki, antara lain akses pintu dan tempat parkir. Hal tersebut harus diperbaiki agar sesuai dengan standar FIFA.

“Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini,” ucap Dito Ariotedjo.

Meskipun demikian, Dito belum bisa memastikan JIS bisa digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Menurut dia, pihaknya akan membahas dengan PSSI soal kemungkinan tempat Piala Dunia U-17.

“Nah ini (JIS) kalau untuk U-17 kita akan membahas selanjutnya, tetapi yang pasti target kita, adalah dari Bapak Presiden adalah 22 stadium di Indonesia ini bisa digunakan kapan pun,” pungkas Dito.

Sebelumnya, FIFA telah menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Namun, jadwal tersebut bersamaan dengan konser Coldplay di GBK pada 15 November mendatang.

Jurnalis: Dewo