Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir sata sidak renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS)

JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku tak ambil pusing mengenai anggapan yang menyebut rencana renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS) bermuatan politis.

“Pemerintah dan PSSI berupaya keras untuk mendorong JIS sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17. Dalam upaya tersebut, beberapa perbaikan perlu dilakukan agar JIS memenuhi standar inspeksi sebagai stadion Piala Dunia,” ucap Erick kepada wartawan pada Kamis (6/7/2023).

JIS belakangan menuai pro dan kontra terkait kelayakan menggelar pertandingan internasional setelah Indonesia ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Stadion yang terletak di Jakarta Utara itu dilirik untuk menjadi salah satu tuan rumah lantaran Stadion Gelora Bung Karno dalam waktu bersamaan sudah disewa untuk konser Coldplay.

Menjadi polemik lantaran beberapa pihak menilai JIS belum memenuhi stadion standar FIFA, namun ada beberapa kalangan menilai stadion tersebut terbilang mewah dan sudah memenuhi stadion standar FIFA.

Menurut mantan bos Inter Milan itu, pemerintah akan merenovasi 22 stadion, termasuk JIS, untuk memenuhi standar internasional dan FIFA.

“Ketika Stadion Gelora Bung Karno diajukan sebagai lokasi Asian Games, rumputnya sepenuhnya diperbaiki dan ada perbaikan akses. Hal yang sama juga berlaku untuk JIS,” ujar Erick.

Jurnalis: Agung Nugroho