Prabowo Subianto sesuai bertemu dengan pengurus DPP PSI di Jalan KH. Wahid Hasyim 194 Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023). Dok: Instagram PSI

JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku jika partainya dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memiliki banyak kecocokan.

“Saya menyampaikan pandangan-pandangan saya, yang saya lihat banyak kecocokan, banyak kecocokan,” kata Prabowo usai bertemu dengan pengurus DPP PSI di Jalan KH. Wahid Hasyim 194 Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023).

Dia menyebut, dirinya tak mempermasalahkan besar kecilnya partai yang mengundang. Meski tak memiliki kursi di parlemen, menurutnya PSI memiliki kader muda yang idealis yang bisa merawat persatuan bangsa.

“Saya juga sangat gembira diundang dan bagi saya bukan soal besar kecil, tapi idealisme. Saya lihat PSI terdiri dari anak-anak muda yang idealis, tapi juga punya cita-cita yang tinggi dan punya komitmen kepada persatuan bangsa,” imbuhnya.

Ketika ditanya apakah Prabowo juga mengajak PSI bergabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bersama dengan PKB dan PBB, Prabowo menjawab iya.

“O iya kita tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan PSI akan tegak lurus dengan Jokowi termasuk dalam penentuan pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. PSI, kata dia, akan mendukung capres yang berkomitmen melanjutkan pembangunan Jokowi.

“Ada niatan baik dari Pak Prabowo komitmen untuk melanjutkan apa yang sudah Pak Jokowi perjuangkan, dan itu tentunya membuat kami lega dan senang bahwa Indonesia ke depan akan cerah,” tandas Grace.

Lebih lanjut, Grace menuturkan pembahasan mengenai Pilpres 2024 harus dilakukan mengingat kurang dari satu tahun lagi Pemilu 2024 digelar. Meskipun, kata Grace, mekanisme di PSI sudah jelas, yakni mengikuti arahan Presiden Jokowi.

“Perbincangan tentang 2024 dibilang jauh sudah dekat, dibilang dekat juga masih jauh. PSI seperti temen-temen tahu, tokoh yang kami kagumi adalah Pak Jokowi, kami ingin melihat keberlanjutan dari program-programnya Pak Jokowi,” pungkas Grace.

Jurnalis: Agung Nugroho