JAKARTA – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menyerahkan pesawat C-130J Super Hercules ke TNI Angkatan Udara (AU) hari ini. Pesawat ini merupakan yang ketiga dari lima pesawat yang dibeli pemerintah.

Serah terima dilakukan oleh Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra dan diterima oleh Wakasau Marsekal Madya A Gustaf Brugman di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023).

Herindra mengatakan pesawat selanjutnya akan tiba di Indonesia sekitar dua bulan mendatang. Dia menekankan hal ini bentuk komitmen Kementerian Pertahanan meningkatkan kekuatan alutsista.

“Ini adalah rangkaian dari pesawat Hercules yang kita beli ada 5 buah dan nanti 2 bulan lagi akan hadir. Ini adalah merupakan bukti komitmen dari Pak Menhan Pak Prabowo Subianto untuk selalu meningkatkan kekuatan alutsista kita,” kata Herindra kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Herindra menyebut pesawat yang diserahkan merupakan alutsista terbaru. Ia berharap akan ada penambahan lagi mendukung penjagaan TNI AU terhadap NKRI.

“Kita melihat ini adalah pesawat Hercules yang terbaru sangat canggih dan mudah-mudahan ke depan kita akan terus mendapatkan alutsista kita yang terbaik untuk menjaga kedaulatan NKRI,” imbuhnya.

Jurnalis: Bambang Santoko