SEMARANG – Bagi kalian yang berkunjung ke Semarang berencana membeli oleh-oleh untuk buah tangan, berikut beberapa tempat yang bisa jadi rekomendasi kamu.

1. Pusat Oleh-oleh Djoe

Pusat Oleh-oleh Djoe menjadi salah satu tempat yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Semarang yang populer, mulai dari bakso tahu, lumpia Semarang, hingga aneka jajanan tradisional lainnya.
Lokasi pusat oleh-oleh ini sangat dekat dengan Kawasan Simpang Lima sehingga wisatawan bisa dengan mudah menjangkaunya dari arah mana saja.Pusat Oleh-oleh Dhoe berada di Jalan Pandanaran No. 51 Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50244.

2. Toko MaDua 52 Semarang

Tempat oleh-oleh selanjutnya adalah Toko MaDua 52 Semarang. Pusat oleh-oleh ini menawarkan beragam oleh-oleh khas Semarang yang sangat lengkap.
Terdapat berbagai macam oleh-oleh khas yang bisa dibeli dari tempat ini, mulai dari bandeng presto, tahu bakso, roti ganjel rel, lumpia Semarang, hingga aneka camilan garing khas Semarang.
Tempatnya nyaman untuk berbelanja karena penataannya yang sangat rapi. Lokasi tempat ini sangat dekat dengan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Toko MaDua 52 Semarang berada di Jalan Jenderal Sudirman No.134, Cabean, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141.

3. Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana

Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana merupakan tempat oleh-oleh Semarang yang menyajikan kuliner khasnya yaitu bandeng presto. Ikan bandeng presto yang tersedia di tempat ini ukurannya cukup besar.

Meski bandeng presto di tempat ini memiliki kualitas nomer satu serta rasa yang lezat, namun harga makanan tersebut sangat terjangkau. Selain bandeng presto, di tempat ini juga menyediakan kuliner tradisional lainnya.
Pusat Oleh-oleh ini dekat dengan tempat wisata Lawang Sewu sehingga wisatawan bisa mampir sebentar ke sini, usai berkeliling di area tersebut.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana berada di Jalan Pandaran No. 57, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

4. Wingko Babad Cap Kereta Api

Wingko menjadi salah satu kuliner khas Semarang yang sangat populer dan menjadi oleh-oleh yang sangat diminati. Bagi wisatawan yang ingin membelinya, bisa langsung datang ke Wingko Babad Cap Kereta Api.

Pusat oleh-oleh Semarang ini sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Ada beragam rasa wingko khas Semarang yang bisa dibeli, mulai dari yang rasa original, keju, cokelat, durian, dan lain sebagainya.

Lokasi tempat oleh-oleh ini dekat dengan Stasiun Tawang Semarang. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 7 – 10 menit untuk sampai ke tempat tersebut.

Lokasi Wingko Babad Cap Kereta Api ada di Jalan Cendrawasih No. 14, Kecamatan Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang.

5. Koeta Toea

Koeta Toea merupakan pusat oleh-oleh dan juga pusat kuliner yang didesain layaknya bangunan tua bergaya Eropa yang beralamat di Jalan Brigjen Sudiarto No.448b, Pedurungan Tengah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192.

Meski terlihat seperti bangunan tua, area ini baru beroperasi sejak bulan Oktober 2022 lalu.

Area ini terdiri atas empat bagian, yaitu playground atau taman bermain anak-anak, toko oleh-oleh, tempat kuliner, dan gudang lampu.

Ada sekitar 32 UMKM yang turut meramaikan kuliner di tempat ini dengan berbagai pilihan kuliner mulai dari Jawa, Korea, Jepang, hingga Italia.

Pengunjung dapat menikmati aneka kuliner ini dengan pemandangan ala Eropa dan spot-spot foto instagramable serta kekinian.

Adapun pengunjung yang datang dapat mengelilingi gedung Koeta Toea ini secara gratis pada hari biasa, dan tiket masuk Rp 10 ribu pada akhir pekan.

Pengunjung juga akan disuguhkan dengan event menarik seperti live music dan lainnya.

Tak kalah menarik, di lokasi ini juga terdapat gudang lampu yang siap memenuhi gawai pengunjung dengan foto-foto menarik dan instagramable.

Menyasar anak-anak muda, pengunjung dapat berfotoria di gudang lampu ini dengan hiasan lampu-lampu.

Jurnalis: Angie