JAKARTA – Gempa bumi tektonik berskala magnitudo 7,4 guncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (29/8/2023). Plh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Iman Fatchurochman, menyebutkan bahwa pusat gempa berada di laut, sejauh 180 kilometer di tenggara Tanah Bumbu.

Kejadian gempa terjadi pada pukul 02.55 WIB, dengan kedalaman 10 kilometer dan koordinat episentrum 4,38 lintang selatan dan 116,90 bujur timur.

Dia mengungkapkan bahwa gempa ini dirasakan dengan intensitas MMI di Tanah Bumbu, di mana getaran dirasakan nyata di dalam rumah dan seakan-akan terdengar getaran mirip suara truk yang melintas.

Pengaruh getaran gempa juga terasa di berbagai daerah, termasuk Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, Bantul, dan Blitar, menurut laporan BMKG.

Gempa bumi kerap menjadi bencana di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh lokasi Indonesia yang berada di kawasan Cincin Api Pasifik yang rentan terhadap gempa.

Wilayah yang berada di sepanjang jalur rangkaian gunung berapi aktif di Samudra Pasifik, dikenal sebagai Jalur Api Pasifik, sering mengalami gempa bumi karena aktivitas geologis yang kompleks di daerah tersebut.

Jurnalis: Dewo