JAKARTA – Anies Baswedan, Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan akhirnya angkat bicara setelah akhirnya memilih Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai Cawapresnya.

Hal ini membuat Partai Demokrat merasa dikhianati dan akhirnya mencabut dukungannya untuk mengusung Bacapres Anies Baswedan.

Anies meminta kepada relawan agar tetap fokus dalam tujuannya untuk melakukan perubahan.

“Kepada seluruh relawan, mari kita terus konsentrasi pada usaha kita untuk melakukan perubahan,” kata Anies dalam keterangannya, Sabtu (2/9/2023).

Anies mengatakan bahwa dirinya ingin indonesia lebih adil dan lebih maju lagi kedepannya.

Menurut dia, dinamika yang terjadi di Koalisi Perubahan saat ini jangan sampai mengganggu konsentrasi mereka.

“Kita ingin Indonesia yang lebih adil, lebih maju, dan kita fokus di situ, dinamika yang terjadi saat ini jangan mengganggu konsentrasi kita,” tuturnya.

Anies mengatakan akan ada waktu untuk memberikan penjelasan lengkap terhadap dinamika yang terjadi pada koalisi.

Lalu, Anies meminta para relawan untuk ikhlas dalam menghadapi berbagai respons.

“Nanti pada waktunya akan ada penjelasan lengkap (respons dinamika koalisi), sekarang kita fokus untuk melakukan perubahan,” jelas Anies.

“Dan ingat kita harus ikhlas, artinya dipuji tidak terbang dicaci tidak tumbang, kita jalani. Insya Allah ikhtiar kita akan dimudahkan jalannya,” sambungnya.

Sementara itu, Anies berpesan agar semua relawan menjaga kesolidan, stamina, dan semangat untuk mengarungi perjuangan ke depan.

Sebab, pelaksanaan kontestasi Pilpres 2024 masih beberapa bulan lagi.

“Jaga semangat, terus solid (untuk semua khususnya relawan),” imbuh Anies.

Partai Demokrat Mencabut Dukungan Untuk Anies

Partai Demokrat resmi mencabut dukungannya untuk bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan sekaligus keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng mengumumkan dua poin hasil rapat itu dalam jumpa pers di pelataran pendopo kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Jurnalis: Dewo