SURABAYA – Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengungkapkan dirinya lebih memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar karena mempunyai sesuatu kelebihan.

Hal ini dikatakan oleh Surya Paloh saat menyampaikan pidato politiknya didepan para hadiri yang hadir dalam deklarasi Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar di Hotel Majapahit, Sabtu (2/9/2023).

Awalnya Surya Paloh menyampaikan soal demokrasi dan pemilu. Dia juga mengungkit soal NasDem sebagai pertama yang mengusung Anies sebagai capres.

“Sebagai ketum NasDem yang pertama kali mendeklarasikan Anies tentu secara objektif saya ingin hasil yang paling optimal dari segala bentuk proses pencalonan, bukan cuma mencalonkan, tapi juga akhir pencalonan,” kata Surya Paloh.

Menurutnya, calon presiden harus memiliki pendamping, wakil presiden. Surya Paloh lantas menyebut insting politiknya hingga akhirnya menjatuhkan pilihan ke Cak Imin.

“Di sini lah dengan berbagi referensi perjalanan dan pengalaman di institusi perpolitikan, saya melihat memikirkan, apa yang paling tepat dalam situasi tantangan saat ini dan ke depan. Seorang wapres yang saya anggap mempunyai sesuatu kelebihan, mengisi satu sama lain. Itu lah Bung Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PKB,” ungkap Surya Paloh.

Seperti diketahui sebelumnya, deklarasi Anies-Cak Imin digelar di Surabaya. Cak Imin tiba lebih dulu di lokasi deklarasi setelah menyempatkan diri meminta doa restu ke ibundanya di Jombang. Setelah itu, Anies datang dengan didampingi Surya Paloh.

Jurnalis: Dewo