JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan merespon soal rencana duet Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi pasangan Capres dan Cawapres.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan menyebut Cak Imin seakan-akan belok tanpa memberi lampu sen.

“Nanti PAN ke sini, PKB ke sini, Demokrat ke sini, haknya masing-masing. Cuma kemarin tuh kita kan satu rombongan sama PKB Cak Imin, ini belok, kalau rombongan mobil bareng-bareng ini beloknya nggak ngasih sein. Ya kalau lampunya mati mbok ngasih tangan, ini belok nggak ngasih-ngasih sein,” kata Zulhas dalam keterangannya, Sabtu (2/9/2023).

Diketahui PAN dan PKB sebelumnya pernah satu koalisi untuk mengusung Prabowo Subianto. Deklarasi dukungan PAN untuk Prabowo itu juga dilakukan bersama dengan Partai Golkar. Meski kini telah berbeda kubu, Zulhas tetap menghormati langkah Cak Imin tersebut dan mendoakan PKB sukses di Pemilu 2024.

“Ya kita hormati hak partai politik,” kata Zulhas.

Anies dan Cak Imin bakal deklarasi bersama

Anies Baswedan dan Cak Imin bakal mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden hari ini, Sabtu 2 September 2023 di Surabaya, Jawa Timur.

Berdasar surat undangan yang dikeluarkan Dewan Pengurus Wilayah atau DPW PKB Provinsi Jawa Timur yang diperoleh Tempo, deklarasi akan diselenggarakan di Hotel Majapahit Surabaya sekitar pukul 14.00 WIB.

“Undangan deklarasi capres dan cawapres Pemilu 2024,” tulis perihal undangan tersebut yang ditandatangani oleh Ketua DPW PKB Jawa Timur, Halim Iskandar tertanggal 1 September 2023.

Jurnalis: Dewo