JAKARTA – Usai relawan Pro Jokowi (Jokowi) yang mendeklarasikan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024, PDIP mengaku tak mempermasalahkan hal itu.

Hal ini diungkapkan ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Ahmad Basarah menyatakan, pihaknya menghormati langkah politik setiap organ relawan, termasuk Projo dalam menghadapi Pilpres 2024.

“Kami menghormati terhadap organ relawan lain yang punya keputusan yang lain dan itulah demokrasi. Jadi dari saya selaku ketua tim koordinasi pemenangan relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh masing-masing organ relawan untuk menentukan arah politik dan dukungannya pada pilpres 2024,” kata Basarah seusai menghadiri Rakor PDIP, di Surabaya, Sabtu (14/10/2023).

Basarah menyatakan, organ relawan memiliki hak demokrasi untuk menentukan pilihan politik. Hak tersebut tidak bisa dicampuri oleh pihak mana pun.

“Saya kira masing-masing organ relawan yang saya tahu punya mekanisme organisasi sendiri di dalam mengambil keputusan setiap anggota atau organ struktural di setiap organ relawan itu,” terang dia.

Basarah menyatakan, pihaknya tidak terganggu dengan manuver organ relawan yang mendukung capres selain Ganjar Prabowo. Ditekankan, pihaknya fokus untuk memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.

“Tidak, kami fokus bekerja sesuai dengan ruang lingkup kami, kami tidak ikut campur terhadap rumah tangga organ relawan lain yang tidak dalam posisi mendukung Mas Ganjar,” tegas Basarah.

Dikatakan, organ-organ relawan Ganjar saat ini sangat solid. Bahkan, koordinasi untuk melakukan gerakan-gerkaan pemenangan terus dilakukan.

“Memang sejatinya eksistensi terbentuknya organ relawan adalah untuk menambah dan mendukung suara Mas Ganjar,” beber Basarah.

Basarah mengatakan, saat ini terdapat organ relawan bernama Projo Ganjar yang resmi sebagai organ relawan yang mendukung Ganjar Pranowo.

“Yang bergabung di kami juga ada namanya Projo Ganjar, sudah mendaftarkan resmi sebagai organ relawan yang mendukung Mas Ganjar Pranowo. Tentu siapa pun yang datang kepada kami yang menyatakan dukungannya tentu harus kami terima dengan tangan terbuka karena itulah sejatinya energi yang dapat mendukung Mas Ganjar,” pungkas dia.

Jurnalis: Dewo