JAKARTA – Pasangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Gibran Rakabuming akan resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023).

Momen pendaftaran Prabowo-Gibran tersebut membuat sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju mengajukan cuti kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). Hal ini telah dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Ari menyampaikan, sejumlah menteri yang mengajukan cuti, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Selain itu, terdapat nama wakil menteri yang mengajukan cuti, yakni Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga.

“Pada tanggal 24 Oktober 2023, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat yang ditujukan kepada Bapak Presiden dari Menko Perekonomian, Menteri Perdagangan, dan Wamen ATR BPN,” ujar Ari dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

“Surat permohonan cuti juga diajukan oleh Menkominfo dan Wamendag,” sambungnya.

Selain itu, Ari menyampaikan berdasarkan informasi Kemensetneg akan terdapat menteri dan wakil menteri yang menyusul untuk pengajuan permohonan cuti untuk ikut pendaftaran Prabowo-Gibran ke KPU.

Jurnalis: Dewo