JAKARTA – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menanggapi peristiwa politik yang berkembang akhir-akhir ini. Dia mengungkap kecurigaan jika kecurangan pemilu akan terjadi.

“Jangan biarkan kecurangan pemilu yang akhir ini, terlihat sudah mulai, akan terjadi lagi,” kata Megawati dalam pidatonya yang dikutip dari channel YouTube PDI Perjuangan, Minggu (12/11/2023).

Dia mengaku mengingatkan kadernya dan semua anak bangsa agar jangan takut bersuara dan berpendapat ketika menemukan sejumlah dugaan kecurangan. Pasalnya Pemilu harus dipastikan berlangsung demokratis, jujur, adil, umum, bebas dan rahasia.

“(Pemilu) harus dijalankan tanpa ada kecuali. Rakyat jangan diintimidasi seperti dulu lagi. Gunakan hak pilihmu dengan tuntunan nurani,” ucap Megawati.

Megawati juga menyoroti secara khusus putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). Megawati penilai putusan tersebut membawa cahaya terang di tengah kegelapan demokrasi.

“Keputusan MKMK tersebut menjadi bukti bahwa kekuatan moral, politik kebenaran dan politik akal sehat, tetap berdiri kokoh meski menghadapi rekayasa hukum konstitusi. Kita semua tentunya sangat-sangat prihatin mengapa hal tersebut sampai terjadi,” ujar Megawati.

Sebelumnya MKMK memutuskan pemberhentian kepada Anwar Usman dari jabatan Ketua MK. Anwar Usman terbukti melanggar kode etik kategori berat.

Namun putusan MKMK itu tidak otomatis menggugurkan putusan kontroversial yang diketok Anwar. Putusan menjadi kontroversial lantaran menguntungkan secara langsung keponakan Anwar, Gibran Rakabuming Raka untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Jurnalis: Dewo