LAMPUNG – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut harga dan stok kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk masyarakat aman dan stabil. Tak hanya itu, Zulhas juga menyatakan masalah harga kebutuhan pokok jelang Nataru terpantau masih pada kategori stabil.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja di Lampung untuk memantau stok dan kebutuhan pokok jelang Nataru. Dalam kunjungan kerjanya ke Lampung, Zulhas memantau langsung stok dan harga kebutuhan pokok di Pasar Kangkung, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Selasa (5/12/2023).

Bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Zulhas berdialog dengan sejumlah pedagang di Pasar Kangkung. Zulhas mengklaim harga dan stok kebutuhan pokok menjelang perayaan Nataru aman dan stabil.

Selain itu, Zulhas juga menjamin ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat sepanjang periode Nataru aman. Termasuk masalah harga terpantau masih pada kategori stabil.

Zulhas mengatakan, Kemendag sifatnya memonitor kesiapan stok pangan dan harga kebutuhan akan mendorong pemerintah daerah, Bappenas, hingga Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan di tengah-tengah masyarakat

“Yang pasti jelang Nataru ini semua aman, bahan pokok stabil stok banyak, sehingga harganya cendrung turun,” kata Zulhas.

Zulhas menilai pemberian subsidi transportasi dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok.

“Menjelang akhir tahun ini yang terpenting adalah pasokan ada, barang banyak, sehingga konsumsi tetap terjaga,” ujar Zulhas.

Zulhas menjelaskan, apabila ketersediaan barang banyak, namun harga masih tetap tinggi, maka pemerintah daerah dapat memberikan subsidi transportasi untuk mengendalikan harga pangan.

“Pemerintah Daerah (Pemda) melalui gubernur, wali kota dan bupati bisa memberikan subsidi transportasi ,jadi harga bisa kembali stabil,” jelas Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas mengungkapkan, alam upaya menekan kenaikan harga pangan, pihaknya hanya lakukan pengawasan dan memberikan kebijakan, yang selanjutnya diterapkan oleh pemerintah daerah di lapangan.

“Kementerian Perdagangan sifatnya hanya mengatur, tetapi pelaksanannya tetap ada di seluruh Pemda. Seperti saat ini harga cabai tinggi, karena Desember hujan dan produksi berkurang,maka perlu dilakukan stabilitas harga,” pungkas Zulhas.

Jurnalis: Dewo