JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Tol Cisumdawu, Jawa Barat aman untuk dilalui.

Basuki mengatakan tak ada keretakan pada terowongan Tol Cisumdawu. Terowongan itu sebelumnya viral karena disebut retak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,8 yang mengguncang Sumedang, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023) malam.

“Itu bukan retak, itu membangunnya (terdiri dari) segmen-segmen, jadi sambungan-sambungan,” kata Basuki saat meninjau revitalisasi Kota Lama Banyumas, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).

Lebih lanjut Basuki memastikan terowongan tersebut masih aman untuk dilalui kendaraan.

“Itu hanya karena gempa, orang (jadi) melihat itu, kalau tidak ada gempa orang mungkin tidak memperhatikan itu. Tetapi kami tidak lengah. Karena ada berita itu, kami selidiki, tetapi masih aman untuk dilalui,” ungkap Basuki.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian juga mengatakan hal yang senada.

“Memang kalau terowongan yang paling kritis itu bagian portal, mulutnya. Kemarin viral ada retak, kami cek bukan retak, itu akumulasi debu-debu yang terbang ke mobil ngumpul di situ, karena di-joint (sambungan) tidak terlalu rata,” kata Hedy.

Hedy mengungkapkan untuk memastikan keamanan terowongan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Memang kami sekarang sedang menyelidiki lebih lanjut, apakah ada keretakan-keretakan yang berbahaya atau tidak. Nanti kami laporkan kalau sudah ada hasilnya,” kata Hedy.

Jurnalis: Agung Nugroho