JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta delegasi terbatas melakukan kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam dan Brunei Darussalam.

Menurut Jokowi ini merupakan kunjungan kerja setelah 5 tahun tidak mengunjungi negara tersebut.

Presiden bersama rombongan bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma langsung menuju Filipina, Selasa (9/1/2024).

“Tahun ini Indonesia dan Filipina juga merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Filipina merupakan mitra penting Indonesia, juga produk alutsista Indonesia banyak dibeli oleh Filipina serta investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan,” kata Presiden.

Selain Filipina, kunjungan ke Vietnam menurut Jokowi juga penting karena Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Indonesia.

“Vietnam merupakan salah satu mitra strategis perdagangan Indonesia yang pencapaian target perdagangannya juga semakin tahun semakin baik sehingga kita ingin membicarakan target pencapaian untuk perdagangan yang lebih baik lagi,” jelas Jokowi.

Sementara itu, perjalanan ke Brunei Darussalam selain terkait kunjungan kerja juga sekaligus untuk memenuhi undangan pernikahan anak dari Sultan Hassanal Bolkiah.

“Kunjungan ini juga karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen sehingga ini juga adalah kunjungan khusus ke Brunei Darussalam selain memang ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar berinvestasi di Indonesia,” tutup Presiden.

Adapun Presiden Jokowi dan rombongan terbatas ini akan kembali ke Indonesia pada 14 Januari 2024.

Jurnalis: Dewo