Kunker ke Jambi, Hadi Tjahjanto Bahas Percepatan PTSL Bersama Gubernur Jambi. Kamis (21/7/2022). Dok: IP/Agung

JAMBI – Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) untuk membahas percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bersama Gubernur Jambi Al Haris, Kamis (21/7/2022).

Hadi Tjahjanto mengapresiasi kemajuan kota Jambi yang segera menuju kota lengkap.

“Setelah saya dengarkan dari Walikota maupun Bupati. Ada beberapa Kabupaten Kota yang pada akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024 itu sudah menjadi kota lengkap. Artinya kota yang semuanya sudah terdaftar, terpetakan dan sudah tersertifikatkan.” kata Hadi kepada wartawan usai rapat tertutup di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Hadi Tjahjanto mengungkapkan Ini cukup menggembirakan, karena ini adalah bagian dari perintah Presiden Joko Widodo untuk segera merealisasikan, mengakselerasi program PTSL.

Selain itu, untuk mempercepat realisasi program PTSL, Hadi Tjahjanto meminta secara khusus kepada Gubernur Jambi agar para Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) yang ada di Jambi dimasukan menjadi anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkompinda).

Eks Panglima TNI itu menyampaikan perlunya koordinasi antara pemerintah daerah dengan kantor Pertanahan.

“Oleh sebab itu saya minta kepada Gubernur Jambi agar Kepala kantor, (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) itu menjadi satu sistem yaitu menjadi anggota forkompinda Sehingga memudahkan koordinasi antara Kakantah dengan Bupati, Walikota, Kapolres, Dandim, Kajari atau Kajati,” pungkaa Hadi.

 

Jurnalis: Agung Nugroho