Presiden Jokowi didampingi Menko Polhukam, Mendagri, dan Seskab pada Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 yang digelar secara virtual, dari Istana negara,

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera menentukan Menpan-RB yang baru pengganti almarhum Tjahjo Kumolo. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022)

Pramono Anung membeberkan secara pasti kapan Jokowi akan mengumumkan. Dia hanya mengatakan dalam waktu dekat.

“(Ada reshuffle untuk) penggantian tadi,” kata Pramono

Pramono menyampaikan menteri baru akan berasal dari PDIP. Sosok itu akan ditentukan oleh Presiden Joko Widodo hasil diskusi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Dia menyebut sejumlah nama kandidat telah dikantongi Jokowi. Namun, penentuan akhir akan dilakukan setelah pertemuan dengan Megawati.

“Kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Ibu Puan sehingga waktunya mungkin dalam waktu dekat ini akan segera dibahas, tetapi nama-namanya sudah ada,” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Hingga kini, Jokowi belum menentukan pengganti Tjahjo. Posisi Tjahjo ditangani sementara oleh Menteri Dalam Negeri Tiro Karnavian.

Jurnalis: Agung Nugroho