Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni. Dok: ATR/BPN

KUANTAN SINGINGI – Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni menyerahkan sertifikat tanah kepada lima orang perwakilan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau pada Minggu (21/08/2022).

Penyerahan sertifikat berlangsung dalam rangkaian Seremonial Pembukaan Festival Pacu Jalur 2022 di Lapangan Limuno, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

“Sertifikasi lintas sektor ini sebagai upaya pemerintahan Joko Widodo dalam memberikan kepastian hukum hak atas tanah para pelaku UMKM, serta membuka akses permodalan ke lembaga keuangan formal,” kata Raja Juli Antoni dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (22/8/2022)

Menurutnya, sertifikasi hak atas tanah UMKM ini akan sangat membantu dalam pelaksanaan usaha masyarakat setempat.

“Karena dengan sertifikat yang didapat, masyarakat dapat menjadikan sertipikat sebagai agunan, bisa fasilitasi permodalan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Semoga sertifikat tanah ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan membangun ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kuantan Singingi,” ujar Raja Juli Antoni.

Sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi ini berasal dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Sentajo Raya dan Kecamatan Pangean.

Sebagai informasi Sertifikat tersebut merupakan hasil dari program Sertifikasi Hak atas Tanah Lintas Sektor yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Kuantan Singingi bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kuantan Singingi.

Jurnalis: Agung Nugroho