Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati. Dok: ATR/BPN

SIDOARJO – Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati menyampaikan bahwa Presiden RI, Joko Widodo akan menyerahkan 3.000 sertifikat tanah Pendaftaran Tanah Sistimatik Lengkap (PTSL) di Kabupaten Sidoardjo, Provinsi Jawa Timur pada Senin (22/8/2022).

Sebanyak 1500 sertifikat akan dibagikan di Sidoarjo, 500 Sertifikat dibagikan di Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang sejumlah 500 sertifikat, dan Kota Malang sebanyak 500 sertifikat.

“Rencananya Presiden Joko Widodo bersama Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto akan menyerahkan Sertifikat Tanah PTSL Provinsi Jawa Timur di Gelora Delta Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo pada  esok hari. Presiden Joko Widodo akan menyerahkan sertifikat kepada 10 perwakilan masyarakat yang hadir,” kata Yulia Jaya Nirmawati saat dikonfirmasi di Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/08/2022).

Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN mengungkapkan bahwa sertifikat tanah hasil program PTSL secara bertahap diserahkan kepada masyarakat. Penyerahan sertipikat merupakan bagian dari upaya meningkatkan stimulus ekonomi rakyat seiring dengan menurunnya pandemi Covid-19.

“Karena dengan sertipikat, rakyat akan mendapat akses permodalan di samping adanya kepastian hukum tentang tanah mereka,” tuturnya.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri ATR/Kepala BPN untuk memperkuat sinergi empat pilar dalam memberantas mafia tanah.

“Pemberantasan mafia tanah dapat berjalan dengan baik dengan sinergi empat pilar, yaitu Kementerian ATR/BPN, aparat penegak hukum, badan peradilan, dan pemerintah daerah,” terang Yulia Jaya Nirmawati.

Jurnalis: Agung Nugroho