Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka Kuliah Umum Bela Negara Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Bekasi, Jawa Barat. Dok: IP/Rio

BEKASI – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka Kuliah Umum Bela Negara Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Bekasi, Jawa Barat.

Saat menyampaikan kuliah umum, dia mengatakan mahasiswa harus memiliki banyak kemampuan untuk dapat menentukan visi Indonesia Emas 2045.

“Yang bisa menentukan Indonesia Maju atau tidak adalah para mahasiswa ini,” kata Muhadjir dihadapan ribuan peserta kuliah umum, Rabu (14/9/2022).

Untuk itu, kata dia, mahasiswa harus punya keterampilan yang dikuasi untuk memiliki nilai dan kualitas diri.

“Mahasiswa minimal punya 5 keterampilan yaitu yang pertama kemampuan berpikir kritis, yang kedua harus kreatif dan inovatif, yang ketiga keterampilan komunikasi, keempat kolaborasi atau kerja sama,dan yang terakhir percaya diri,” pungkas dia.

Acara ini juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Pertahanan.

Jurnalis: Rio