Foto: Polisi sedang berjaga di pos penyekatan Ganjil Genap di Jakarta Selatan

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal punya seragam baru untuk menunjang tugas dilapangan. Diungkapkan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan seragam polisi lalu lintas (polantas) akan dilengkapi dengan body camera (bodycam).

“Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain,” ujar Nurul dalam keterangannya, Selasa 27 September 2022.

MNurul menjelaskan, seragam baru polantas yang akan dilengkapi dengan body camera itu akan digunakan personel saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali). Nantinya, body camera tersebut akan menjadi alat pantauan atau pengawas situasi lalu lintas di sekitar petugas tersebut. Bahkan, body camera tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” ucap dia.