Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Dok: NasDem

JAKARTA- Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh mengaku jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi tanggapan positif terkait partai didalamkoalisinya yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

“Ketika ditanya tanggapan beliau (Jokowi) atas pencalonan Anies, beliau ucapkan ‘baik, bagus,’ saya menghargai itu,” kata Paloh di acara deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Paloh menilai, respons yang diberikan Jokowi sudah lebih dari cukup. Lantas dia menegaskan hubungan dan komunikasi dengan Jokowi selama 8 tahun setengah ini cukup intens.

“Komunikasi dengan Pak Jokowi berjalan secara intens. Pertemuan saya terakhir mungkin baru lebih 10 hari lalu. Dalam waktu singkat saya juga akan bertemu kembali,” ucap Paloh.

Sebelumnya, Anies Baswedan menegaskan siap menerima mandat dari NasDem untuk menjadi capres pada Pilpres 2024. Anies mengaku menyambut ajakan dari Paloh dan kader NasDem lainnya demi jalan bersama untuk meneruskan membangun di negeri Indonesia.

“Dengan mohon rida Allah SWT dan kerendahan hati. Bismillah kami terima, kami siap jalan bersama,” tegas Anies di NasDem Tower.

Partai NasDem resmi mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Anies juga diberi otoritas penuh untuk memilih calon wakil presiden pendampingnya.

Deklarasi Anies sebagai capres diumumkan secara langsung oleh Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat.

“Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami yakin pikiran-pikiran dalam perspektif baik makro mikro sejalan dengan apa yang kami yakini. Kami titipkan perjalanan bangsa ke depan insyaallah jika Anies terpilih nantinya pimpin bangsa jadi bangsa lebih bermartabat,” kata Paloh.

Jrnalis: Agung Nugroho