Mal Pelayanan Publik (MPP) ke-72 di Indonesia akan hadir di Kota Tasikmalaya. Dok: KemenPANRB

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas akan meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) ke-72 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (12/10/2022).

MPP yang diberi nama Bale Rancage ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Tasikmalaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

MPP Bale Rancage memiliki 28 outlet dengan 254 jenis layanan. Layanan yang diberikan berasal dari delapan instansi vertikal, dua instansi provinsi, 13 OPD Pemkot Tasikmalaya, satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), satu asosiasi, dan satu dari perbankan.

Bale rancage sendiri memiliki arti sagala aya/serba ada yang bermakna bahwa semua kebutuhan layanan masyarakat disediakan dalam satu gedung MPP. MPP ini berlokasi di Jalan Letnan Harun No. 1, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya dan memiliki luas bangunan 1.582 meter persegi.

Dengan konsep gedung yang modern dan sarana prasarana yang memadai akan menghilangkan kesan birokrasi yang kaku, berbelit-belit, dan tidak transparan sehingga masyarakat akan menikmati kenyamanan dan akses yang mudah.

Fasilitas penunjang layanan juga telah disiapkan mulai dari ruang bermain anak, ruang laktasi, toilet, jalur landai bagi penyandang disabilitas hingga pojok baca. Kedepannya pemerintah Kota Tasikmalaya akan menambah ruangan MPP di lantai basement untuk melengkapi fasilitas serta menambah jumlah outlet guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berikut daftar outlet layanan MPP Bale Rancage Kota Tasikmalaya :

1. DPMPTSP Kota Tasikmalaya
2. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang
3. Dinas Perhubungan
4. Dinas Lingkungan Hidup
5. Dinas Kesehatan
6. Dinas KUMKM Perindag
7. Disporabudpar
8. Kejaksaan Negeri
9. DPMPTSP Prov. Jawa Barat
10. Disnaker
11. Disdukcapil
12. Badan Pengawas Obat dan Makanan
13. Kantor Pelayanan Pajak Pratama
14. BPJS Kesehatan
15. BPJS Ketenagakerjaan
16. Bank BJB
17. Bapenda
18. Samsat/ Bapenda Prov Jabar
19. Polres
20. Bea Cukai
21. PT. Taspen dan ASABRI
22. ATR/ BPN
23. Dinas Pendidikan
24. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3)
25. Ikatan Arsitek Indonesia
26. Pengadilan Agama Kelas IB
27. Pengadilan Negeri IA
28. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

Jurnalis: Agung Nugroho