Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka Shell Eco Marathon Indonesia 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (13/10/2022). Dok: PUPR

Lombok – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono membuka Shell Eco Marathon Indonesia 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Kamis (13/10/2022).

Shell Eco Marathon yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia ini digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 11-15 Oktober 2022.

“Saya sangat bangga Indonesia dapat menjadi tuan rumah Shell Eco Marathon. Terutama bagi para sahabat mahasiswa dari luar Indonesia, welcome to Mandalika, salah satu destinasi pariwisata terbaik di Indonesia,” kata Basuki.

Shell Eco Marathon adalah program global yang menantang mahasiswa untuk merancang dan mengembangkan kendaraan ultra-hemat energi untuk kemudian diuji di sirkuit.

Kendaraan yang bersaing harus melewati pemeriksaan teknis terperinci sebelum dapat masuk ke lintasan untuk melihat seberapa jauh mereka dapat melaju dengan jumlah bahan bakar yang paling sedikit.

“Shell Eco Marathon ini menantang generasi muda untuk menciptakan inovasi-inovasi teknologi otomotif hemat energi yang pasti sangat dibutuhkan di masa depan. Banyak jenis-jenis energi baru yang dapat digunakan dan dikembangkan untuk transisi bahan bakar,” ujar Basuki.

Jurnalis: Agung Nugroho