Tembok yang diduga dijebol tahanan Polsek Jatiasih untuk melarikan diri. Dok: IP/Dirham

BEKASI – Sebanyak tujuh orang tahanan Polsek Jatiasih Bekasi, Jawa Barat melarikan diri. Diduga mereka kabur dengan cara membobol dinding ruang tahanan yang menembus ke pemukiman warga.

Saat dikonfirmasi, AKP. M. Damanik Wakapolsek Jatiasih enggan berkomentar terkait peristiwa yang terjadi.

“Kapasitas saya hanya Waka (Wakil Kapolsek) jadi tidak bisa berkomentar apa-apa,” kata Damanik kepada Indonesiaparlemen.com, dikantornya, Sabtu (15/10/2022).

Meski begitu, dia membenarkan adanya tujuh orang tahanan Polsek Jatiasih yang melarikan diri dengan cara menjebol dinding.

“Kapolsek aja ya (konfirmasinya). Jadi ruang tahanannya di dalam, lubang nya lewat kuburan (dinding pemisah),” ujar dia.

Salah satu anggota hubungan masyarakat (humas) Polres Kota Bekasi yang enggan disebutkan namanya, meminta awak media bersabar karena hari Senin (17/10/2022) mendatang baru akan dikeluarkan pernyataan resmi dari Polri.

Dari informasi yang dihimpun Indonesiaparlemen.com dilapangan, dari tujuh tahanan yang kabur, lima diantaranya merupakan tahanan kasus narkoba dan 2 lainnya kasus pencurian dengan alat berat.

Dikutip dari bekasisatu.id, ketujuh tahanan itu berinisial G (Kasus Narkoba), DA (Kasus 363), I (Kasus Narkoba), AB (Kasus Narkoba), SB (Kasus Narkoba), AR (Kasus Narkob) dan RP (Kasus 363).

Diduga, para tahanan itu kabur pada hari Kamis (13/10/2022) sekitar pukul 21:39 WIB dengan menjebol tembok kamar mandi serta merusak besi teralis dengan menggunakan besi dan sendok.

Nampak lubang tembok dengan diameter sekitar 40 cm yang dibuat para tahanan yang kabur mengarah ke sebuah kebun di belakang Polsek.

Salah seorang warga Jalan Durian 2 Rt 05/RW 10, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih yang merupakan warga sekitar berinisial BP menuturkan bahwa pada saat kejadian, rumahnya sempat digeledah oleh petugas dari Polsek Jatiasih.

“Saya lagi duduk di teras rumah, karena pagar kebuka saya lihat ada mobil patroli lewat, pertama saya biarin, Gak lama kemudian muncul sepeda motor yang anggota polisi, nah pada saat saya samperin saya tanya ada apa, dia sebut ada tahanan yang kabur,” ungkapnya.

Jurnalis: Dirham