Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur Jakarta, Senin (17/10/2022).Dok: ist

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur Jakarta.

Sebelumnya, kepada wartawan Heru menjabarkan salah satu arahan Jokowi adalah soal banjir.

“Jadi, harus kerja dan kerja, turunan dari penanganan banjir, turunan dari tata ruang dan tentunya bagaimana mengurai kemacetan,” kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/10/2022)

Menindaklanjuti arahan Jokowi itu, Heru hari ini dijadwalkan akan bertemu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membahas mitigasi banjir Jakarta.

“Kalau banjir itu kan ada tiga, banjir rob, banjir hujan yang memang masuk ke area Jakarta, banjir kiriman. Nanti sore saya akan bertemu dengan Pak Menteri PUPR terkait dengan banjir kiriman yang memang terbebankan di DKI,” beber Heru.

Lebih jauh, langkah konkretnya, Heru mengungkapkan, terkait penanganan banjir rob akan dimasukkan dalam APBD 2023. Yakni pembangunan turap, dan sejumlah waduk di Jakarta Utara.

Di Jakarta, Heru akan mengecek seluruh pompa air.

“Yang sangat mendesak satu dua bulan ini ada dua hal yang pertama adalah saya harus mengecek seluruh pompa-pompa, rumah pompa, waduk berfungsi dengan baik. Tahun ini juga ada anggaran pengerukan saluran-saluran, saya akan juga dengan pejabat terkait melakukan pengecekan,” pungkas dia.