Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan obyek wisata Watulakar di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan, Jawa Timur. Dok: Kemendes PDT

PACITAN – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meresmikan obyek wisata Watulakar di Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan, Jawa Timur.

Didampingi Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Gus Halim sekaligus menandatangani prasasti peresmian obyek wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) itu.

Sebagai informasi, obyek wisata Watulakar menyajikan wisata alam yang indah di atas perbukitan. Nama Watulakar sendiri didasarkan pada keberadaan bebatuan berbentuk lakar (balok kayu) yang memenuhi pegunungan desa setempat.

“Pengelola tidak sekedar membuat obyek wisata namun lebih pada mempertahankan dan melestarikan sumber alam. Namun demikian, keberadaan obyek wisata tersebut tidak meninggalkan potensi-potensi desa yang lain, ” kata Abdul Halim Iskandar kepada wartawan di Pacitan, Jawa Timur, Minggu (16/10/2022).

Sementara itu Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengatakan, keberadaan desa wisata ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengembangkan potensi-potensi desa. Mas Aji berharap, keberadaan wisata Watulakar ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya Desa Sumberharjo.

“Selamat untuk Desa Sumberharjo dengan potensinya. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk pengembangan potensi desa,” katanya.

Kawasan obyek wisata Watulakar memiliki luas hampir 5 hektar. Dari luasan tersebut menurut Kades Sumberharjo Hariadi, baru 1 hektar yang sudah terkelola. Beberapa fasilitas penunjang diantaranya gazebo, kolam ikan, kolam renang anak, arena bermain anak serta lapak kuliner rakyat.

Jurnalis: Agung Nugroho