Ibu Kota Nusantara (IKN) Dok: ATR/BPN

SAMARINDA – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonsia (KADIN Indonesia) akan menyelenggarakan jajak pasar (market sounding) untuk mempromosikan berbagai potensi investasi di IKN dan kawasan pendukungnya

“Selain untuk mempromosikan peluang investasi, agenda lain dalam market sounding pekan ini adalah mendengarkan aspirasi dari investor,” ujar Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN Sidik Pramono dalam rilis nya di Samarinda, Kaltim, Senin (17/10/2022).

Tamu yang akan diundang dalam jajak pasar pekan ini adalah berbagai pelaku usaha dari dalam dan luar negeri, untuk mengoptimalkan keterlibatan pelaku usaha dalam pembangunan IKN, termasuk terkait dengan target tahun 2024 berupa terbentuknya ekosistem wilayah inti pusat pemerintahan.

Dalam pembangunan IKN, lanjutnya, akan membuka peluang usaha yang sangat luas, mulai dari sektor kelautan dan perikanan, pertanian, energi, perdagangan, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, pariwisata hingga sektor-sektor lain yang telah direncanakan sebagaimana termuat di dalam Rencana Induk IKN.

Pemerintah juga akan memberikan fasilitas pemberian perizinan berusaha, kemudahan berusaha, dan fasilitas penanaman modal sejalan dengan posisi IKN sebagai proyek yang memiliki nilai strategis bagi perekonomian nasional.

“Kami harapkan sekuel skema yang disiapkan akan memiliki keunggulan tersendiri bagi dunia investasi di tingkat regional, mengungguli negara-negara tetangga, karena ada beberapa kemudahan yang ditawarkan untuk menarik investor,” tutup dia.

Jurnalis: Agung Nugroho