Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali dilakukan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (20/10/2022). Dok: ATR/BPN

CIANJUR – Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali dilakukan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tujuan sosialisasi ini agar masyarakat memahami dan ikut serta bersama pemerintah menyukseskan program strategis seperti Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Anggota Komisi II DPR RI, Irwan Ardi Hasman mengatakan kepada peserta sosialisasi kali ini yang umumnya adalah kepala desa di Kabupaten Cianjur, untuk memahami apa itu program PTSL yang sedang dijalankan Kementerian ATR/BPN. Selain itu,

“PTSL adalah program yang sudah berjalan sekitar lima tahun dan Alhamdulilah atas komitmen pemerintah, PTSL menjadi program yang harus selesai segera. Dan kami (Komisi II DPR RI, red) bersyukur bahwa kolaborasi dengan Kementerian ATR/BPN bisa bermanfaat bagi masyarakat Cianjur,” kata dia dikutip melalui keterangan pers Kementerjan ATR/BPN di Cianjur, Kamis (20/10/2022)

Dia menekankan, peran Kepala Desa menjadi penting untuk mempercepat program PTSL karena kepala desa lebih sering berinteraksi dengan masyarakat dan dapat mengakomodir masyarakat yang mengikuti program PTSL.

“Pertemuan kali ini memang saya menginginkan lebih banyak kepala desa karena yang berhadapan dengan PTSL Bapak-bapak kepala desa,” ucap Irwan Ardi Hasman.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur, M. Yusuf mengatakan bahwa selain berkomitmen untuk menyelesaikan PTSL, Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur terus berupaya mewujudkan layanan prima kepada masyarakat.

“Pelayanan di Kantor Pertanahan Kabupaten Cianjur terus kita optimalkan agar masyarakat merasa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Dalam kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN ini juga dilakukan penyerahan sertifikat hasil dari program PTSL kepada 10 perwakilan penerima.

Jurnalis: Agung Nugroho