Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Presiden Jokowi. Dok: Setkab

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat (21/10/2022).

Meski begitu, Jokowi enggan menjelaskan detail dimana pertemuannya dengan Anies berlangsung.

Jokowi mengatakan, tujuan Anies ingin berpamitan karena sudah tidak lagi menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Oh ya sore tadi (bertemu dengan Anies). Pamit,” kata Jokowi seusai menghadiri perayaan puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022).

Jokowi menegaskan tidak ada hal lagi yang dibicarakan dengan Anies Baswedan. Dikatakan, Anies hanya ingin berpamitan dengan dirinya sebagai Presiden RI.

“Pamit,” pungkas dia.

Meski begitu, Jokowi mengungkapkan Anies meminta pertemuannya pada pekan lalu. Namun, Jokowi mengaku baru bisa bertemu karena jadwal yang padat.

“Karena sebetulnya minggu yang lalu (pertemuannya), tetapi kan saya mengatur waktunya, tidak bisa. Jadi baru tadi sore,” terang Jokowi.

Diberitakan, Anies Baswedan dikabarkan akan bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (21/10/2022) sore ini.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. Ia mengatakan Anies meminta waktu bertemu dengan Presiden Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Betul. Pak Anies meminta waktu bapak presiden melalui Pak Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) untuk berpamitan sebagai Gubernur DKI Jakarta,” kata Bey Machmudin kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).

Hal senada juga diungkapkan Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini. Dikatakan Faldo, maksud tujuan Anies Baswedan bertemu dengan Presiden Jokowi karena ingin pamitan setelah jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta berakhir.

“Betul, itu permohonan Pak Anies yang ingin berpamitan selesai sebagai Gubernur DKI,” ujar Faldo Maldini.