Pesawat Lion Air

TANGERANG – Pesawat Lion Air JT-303 tujuan Jakarta – Palembang diduga mengalami kebakaran mesin saat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten menuju lokasi tujuan, Rabu (26/10/2022).

Dari foto yang beredar di media sosial, terlihat mesin sebelah kiri pesawat tersebut mengeluarkan api saat berada di udara. Di bagian keterangan foto disebutkan bahwa mesin tersebut terbakar, sampai akhirnya kembali ke landasan awal keberangkatan.

Kejadian ini dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. Dia mengatakan ada kendala teknis di pesawat tujuan Palembang tersebut. Salah satu mesin pesawat tersebut terbakar sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 17.30 WIB.

“Iya benar. Intinya ada pesawat tujuan Palembang yang take off pukul 17.13 WIB mengalami kendala teknis,” kata Zulpan saat dikonfirmasi, Rabu (26/10/2022).

Akibat kendala tersebut, pilot pesawat maskapai Lion Air tersebut memutuskan kembali ke Bandara Soekarno-Hatta.

Gustria Kurnia Putri, seorang penumpang pesawat Lion Air JT330, membagikan cerita detik-detik mencekam pesawat yang ditumpanginya putar balik hingga akhirnya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Pesawat tujuan Palembang itu putar balik karena mengalami gangguan mesin.

Gustria menuturkan penumpang lainnya melihat sayap pesawat bagian kiri mengeluarkan api. Gustria mengatakan pesawat saat itu baru terbang selama 30 menit di udara.

“Selang 5 -10 menit ada penumpang yang sadar kalau pesawat sayap bagian kiri mengeluarkan api. Sekitar 30 menit kita di atas baru landing,” ujarnya.