Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menghadiri UMKM Expo di Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 3-8 November 2022 di Gambir Expo, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyampaikan UMKM Expo ini merupakan bentuk dukungan Kementerian ATR/BPN terhadap pengembangan UMKM.

Dia menyebut reforma agraria adalah salah satu Program Strategis Nasional (PSN) dan berdampak langsung terhadap pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat khususnya melalui UMKM.

“Reforma Agraria ini dilaksanakan dengan penataan aset dan akses. Penataan asetnya adalah dengan memberikan redistribusi atau legalisasi aset dan aksesnya memberikan jalan komunikasi bahkan langsung dikenalkan dengan perbankan,” kata dia saat pembukaan Indonesia UMKM Expo 2022 di Gambir Expo, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022).

Dia mengatakan, Kementerian ATR/BPN melakukan penataan aset dan akses untuk UMKM. Menurutnya, hal tersebut memegang peranan penting terhadap perekonomian nasional.

Mantan Panglima TNI ini menjelaskan, pihaknya akan terus bersinergi untuk meminimalisir dampak politik ekonomi dunia terhadap Indonesia dengan mendukung UMKM.

“Oleh sebab itu perlu meningkatkan UMKM bagi seluruh rakyat dan Kementerian ATR/BPN dalam memberikan peran penting mengangkat kegiatan UMKM di seluruh jajaran kakanwil maupun kakantah,” kata dia.

Dia merinci, saat ini pencapaian penghasilan 65,4 juta UMKM di Indonesia, memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp8573,89 triliun

“Potensi yang sangat luar biasa perlu dimaksimalkan d mana memasuki era digital, maka pelaku UMKM dipermudah dengan kehadiran marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli secara daring,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho