Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat Rapat Kerja (Raker) antara Kementerian ATR/BPN dengan Komisi II DPR RI, pada Senin (21/11/2022). Dok: IP/Agung

JAKARTA – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menargetkan seluruh dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Ibu Kota Nusantara (IKN) selesai pada akhir tahun 2022.

Hal itu dikatakan eks Panglima TNI Hadi dalam Rapat Kerja (Raker) antara Kementerian ATR/BPN dengan Komisi II DPR RI, pada Senin (21/11/2022).

Menurutnya, terdapat sembilan RDTR IKN yang terbagi berdasarkan wilayah perencanaan (WP).

“Kami laporkan dari sembilan WP (RDTR), empat sudah selesai, sudah kami serahkan kepada kepala Otorita IKN,” terangnya

Empat dokumen RDTR itu telah diserahkan kepada Otorita IKN pada 8 Agustus 2022 lalu. Meliputi WP KIPP, WP 2 IKN Barat, WP 4 IKN Timur 1, dan WP 5 IKN Timur 2. Di mana keempat RDTR tersebut akan dilanjutkan ke proses legislasi.

“Lima (RDTR) lagi menyusul akhir tahun 2022 ini sudah selesai, dan akan kami segera selesaikan kepada Kepala Otorita IKN. Progres penyiapan kelima RDTR IKN yang dimaksud,” ujar dia.

Pertama untuk WP 6 IKN Utara, sedang disusun. Mencakup Materi Teknis, Draft Raperka Otorita IKN, dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Selanjutnya yakni RDTR WP 3 IKN Selatan, WP 7 Simpang Samboja, WP 8 Kuala Samboja, dan WP 9 Muara Jawa.

Kini mempertimbangkan urgensi untuk segera ditetapkan. Dilaksanakan penyusunan materi teknis pada Oktober-Desember 2022.

Jurnalis: Agung Nugroho