Sejumlah bangunan roboh akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Dok: ist

JAKARTA – Satgas Bencana Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan pemetaan kebutuhan korban gempa Cianjur.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai koordiantor satgas tersebut mencatat kebutuhan-kebutuhan terkini masyarakat bersama BPBD daerah setempat.

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan membantu masyarakat untuk pulih kembali,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Saat ini bantuan yang dibutuhkan masyarakat dalam masa darurat adalah pengerahan alat berat, ambulans, kendaraan rescue, tenaga medis, pembangunan tenda, alat tidur. Kemudian, genset dan BBM, air mineral, obat-obatan, sembako, kebutuhan pakaian layak pakai, dan popok bayi.

Saat ini, Jasa Marga sedang membuat Posko Satgas BUMN di Kabupaten Cianjur. Jasa Marga menerjunkan anggota Tim Jasmapala atau Jasa Marga Pecinta Alam untuk membantu proses evakuasi dan bantuan darurat untuk korban bencana gempa.

Pihaknya memastikan, perseroan berkolaborasi untuk mengoptimalkan bantuan yang disalurkan kepada masyarakat terdampak. BUMN lainnya yang telah tergabung dalam satgas adalah BRI, Mandiri, PLN, Telkom, BNI, Pertamina, Antam, Angkasa Pura II, Semen Indonesia, Adhi Karya, Pelindo, dan PTPN VIII.

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir telah memerintahkan perusahaan pelat merah segera turun ke lokasi gempa di Cianjur. Gempa Cianjur berkekuatan 5,6 magnitudo melanda daerah itu pada 21 November 2022 dan menyebabkan 162 orang tewas.

“Yang terpenting saat ini BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi mereka dan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendirian. Ke depannya, tentu kita juga fokus dalam membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan yang terdampak gempa,” kata Erick Thohir.

Erick menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban meninggal akibat bencana gempa. Dia mengklaim telah memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa Cianjur.