KSAL Laksamana Yudo Margono saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI, Jumat (2/12/2022). Dok: Tangkapan layar youtube TV parlemen

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjalani menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR pada Jumat (2/12/2022).

Dari pantauan, Yudo tiba sekitar pukul 13.08 WIB dengan didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya Ahmadi Heri Purwono. Mereka tiba dengan mobil yang sama.

“Iya diantar hari ini,” ucap Yudo sebelum menjalani tes uji kelayakan.

Pelaksanaan fit and proper test direncanakan akan berlangsung selama sehari penuh. Proses dimulai sejak pagi dengan verifikasi persyaratan.

Yudo akan memaparkan visi misinya dihadapan Komisi I secara terbuka. Penyampaian ini bisa tertutup jika ada hal strategis yang harus dirahasiakan.

“Lalu direncanakan verifikasi faktual ke kediaman setelah rapat fit and proper test selesai,” kata Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid.

Sebelumnya, Yudo diajukan untuk menggantikan Andika yang bakal memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Nantinya Yudo bakal mengisi jabatan panglima TNI hingga jelang akhir 2023.

Pasalnya, berdasarkan ketentuan usia, Yudo akan pensiun pada November 2023.

Presiden Joko Widodo mengungkap alasannya memilih Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI. Jokowi mengatakan pemilihan perwira bintang empat TNI AL itu karena ingin memastikan rotasi matra di pucuk kepemimpinan TNI.