Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Dok: KemenpanRB

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi terobosan Pemprov Jawa Timur dalam membudayakan inovasi pelayanan publik di seluruh lingkup pemerintahan, bahkan hingga ke tingkat desa.

Inovasi di tingkat desa disebut Anas sebagai faktor kunci dalam mengakselerasi kualitas pelayanan publik, yang ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kemarin itu saya ke Madiun, Jawa Timur. Di sana ada Festival Inovasi Desa Jawa Timur yang digelar Pemprov Jatim. Ini program yang luar biasa dari Bu Khofifah (Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa) untuk menstimulasi tumbuhnya budaya inovasi hingga di tingkat desa,” ujar Anas, Kamis (8/12/2022).

Dia mengapreasi diselenggarakannya acara ini karena dapat dijadikan kesempatan untuk mengenalkan inovasi dari pemerintah tingkat desa.

“Saya sangat mengapresiasi Festival Inovasi Desa Jawa Timur 2022. Kegiatan ini sekaligus untuk ajang promosi inovasi pemerintah desa di Jatim kepada masyarakat luas, termasuk ajang simulasi, berbagi pengalaman, dan pengetahuan terkait inovasi sehingga terjadi pemerataan dan pengembangan inovasi desa se-Jatim,” imbuh Anas.

Menurut Anas, inovasi adalah kunci untuk mengakselerasi kemajuan daerah.

“Sering disebut bahwa inovasi adalah jalan terpendek mencapai target kinerja. Kalau pakai cara biasa-bisa saja, bisa lama capai target. Maka perlu inovasi. Dan inilah yang dilakukan Jatim, di mana provinsi ini termasuk yang terdepan dalam berinovasi,” kata mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut.

Menteri Anas juga mengapresiasi komitmen dan kerja keras para pimpinan beserta seluruh seluruh OPD di Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah aktif berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dengan inovasi pelayanan publik, Khofifah berharap birokrasi semakin efektif, efisien, dan semakin meningkatkan kepercayaan publik.

“Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan salah satu upaya mencari best practice dari berbagai kabupaten/kota. Kemudian, referensi dari berbagai inovasi kabupaten/kota akan terus dilakukan pendalaman secara detail agar direplikasi di tempat-tempat lain,” ujarnya.

Jurnalis: Agung Nugroho