Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mengunjungi Koramil 0201-10 Medan Marelan di Medan, Sumatera Utara. Dalam kunjungannya, Prabowo juga meninjau gedung Koramil yang dibangun secara swadaya oleh tokoh kampung setempat, Sabtu (28/1/2023). Dok: Kemenhan

MEDAN – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto mengunjungi Koramil 0201-10 Medan Marelan di Medan, Sumatera Utara. Dalam kunjungannya, Prabowo juga meninjau gedung Koramil yang dibangun secara swadaya oleh tokoh kampung setempat, Sabtu (28/1/2023).

Pada kesempatan itu, Prabowo secara simbolis menyerahkan 20 unit sepeda motor untuk Babinsa Koramil 0201-10 Medan Marelan.

Dia menyampaikan tujuannya mengunjungi Koramil 0201-10 Medan Marelan karena ingin melihat langsung gedung Koramil yang dibangun secara swadaya oleh tokoh kampung setempat.

“Ini luar biasa, ini menunjukkan bersatunya TNI dan rakyat Medan. Ini adalah pertahanan kita, pertahanan keamanan rakyat semesta, di mana TNI sebagai inti, sedangkan pertahanan kita dilaksanakan oleh seluruh rakyat,” jelas dia.

Dia menyebut mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk memberdayakan TNI dalam menghadapi kemungkinan tantangan dan ancaman.

“Atas nama negara sesuai perintah Presiden, kita akan memberdayakan komando teritorial. Ujung tombak koter adalah Babinsa untuk TNI AD, Bintara Potensi Maritim untuk TNI AL, Bintara Pembina Potensi Dirgantara untuk TNI AU, dan Babinkamtibmas untuk Polri,” ujar dia.

Menhan Prabowo juga berterimakasih atas kerja keras bersama TNI, Polri, Pemda dan seluruh rakyat yang bahu membahu bekerja bersama untuk menjaga keamanan, ketertiban seluruh rakyat.

“Kalau kita rukun Indonesia akan bangkit menjadi negara yang makmur dan sejahtera. Kuncinya persatuan dan kerukunan, kompak, akur,” kata dia.

Penyerahan secara simbolis 20 unit sepeda motor untuk Babinsa diserahkan langsung oleh Prabowo kepada Komandan Kodim 0201/Medan Kolonel Inf. Ferry Muzawwad sambil berdialog secara langsung dengan para Babinsa.

Jurnalis: Bambang Santoko