Anies saat menghadiri acara Munas PKS. Dok: PKS

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman menegaskan dukungannya untuk Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024. Begitu juga untuk pemilihan calon wakil presiden, pihaknya menyerahkan penuh keputusan kepada Anies.

“Berulang kali kami katakan Cawapres mendongkrak kemenangan, Siapapun dia, enggak harus PKS,” kata Sohibul Iman dalam jumpa pres di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, saat ini masyarakat sedang menyoroti Partai apa saja yang kiranya bakal ikut mendukung pencalonan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Perkembangan situasi yang ada kami (Partai Koalisi) merasakan adanya dinamika harapan atau ekspetasi dari publik terkait dengan terbentuknya koalisi pendukung bapak Anies Baswedan, sehingga tercapai angka di atas presidential threshold 20 %. Partai NasDem dan Demokrat sudah menyatakan secara ekslusif organisatoris mendukung bapak Anies Baswedan,” ucap dia.

Dia juga menegaskan, kehadiran PKS beberapa waktu dalam tim kecil merupakan bentuk dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

“Tetapi masyarakat masih bertanya-tanya kapan melakukan pernyataan ekslusif organisatoris tentang dukungannya kepada pak Anies sebagai Capres 2024,” ujar Sohibul Iman.

Sementara, untuk deklarasi dukungan resminya, Sohibul Iman belum mengungkapkan hal tersebut akan dilakukan PKS.

Karena, kata dia, tim kecil bergerak harus berdasarkan mandat da tidak dapat menentukan waktu pernyataan secara eksklusif tentang dukungan Anies Baswedan menjadi Capres 2024.

“Tetapi tidak tertutup kemungkinan ada terjadi percepatan sesuai dinamika politik yang berkembang terutama setelah majelis syuro PKS dan Presiden PKS kembali ke tanah air pada 3 Febuari 2023,” pungkas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan ketiga partai politik (parpol) di bakal Koalisi Perubahan punya kesamaan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) di 2024.

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” kata AHY dalam keterangannya yang diterima, Kamis (26/1/2023).

Jurnalis: Dirham