Foto: Polisi sedang berjaga

SURABAYA -Jajaran Polda Jawa Timur bakal menerjunkan sekitar 4.907 personil untuk mengamankan peringatan puncak satu abad hari lahir (harlah) NU yang akan dilaksanakan 7 Februari mendatang di Sidoarjo, Jawa Timur. Ribuan personil ini nantinya akan melakukan pengamanan di sekitar lokasi stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Guna antisipasi penumpukan massa NU yang datang dari berbagai daerah se-Indonesia ini, titik lokasi kegiatan akan disterilkan. Sejumlah jalur protokol di kawasan stadion akan ditutup untuk memberi kesempatan peserta harlah NU masuk ke dalam area stadion.

Kapolda jatim, Irjen Pol Toni Hermanto saat melakukan pengecekan persiapan kegiatan di lokasi menegaskan, seluruh peserta diharapkan dalam kondisi sehat.

“Hari ini kita ke cek ke lapangan untuk persiapan dan melihat spot spot yang akan digunakan oleh massa,” ujar Toni.

Rencananya kegiatan itu juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Kapolda meminta warga NU tidak memaksa masuk ke dalam stadion, karena disediakan layar LED di 62 titik disekitar area stadion, sehingga warga NU bisa mengikuti kegiatan di luar stadion.

“Ibu gubernur sudah berpesan, jangan maksa masuk ke stadion, karena stadion terbatas. Panitia sudah menyiapkan LED yang bisa dilihat di lokasi – lokasi sebanyak 62 titik,” ujar dia

Menurut rencana, jutaan massa NU dari berbagai daerah akan mulai berdatangan sehari sebelum kegiatan. (*)