Sebagai upaya memastikan pelayanan publik telah berjalan prima dan sesuai aturan yang berlaku, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Kabupaten Malang, Jumat (17/2/2023). Dok: Kemenparb

MALANG – Sebagai upaya memastikan pelayanan publik telah berjalan prima dan sesuai aturan yang berlaku, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Kabupaten Malang, Jumat (17/2/2023).

“Saya mendatangi Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Malang di Kepanjen, dimana kantor ini mendapatkan predikat pelayanan prima dari hasil evaluasi Kementerian PANRB. Saya ingin melihat di lapangan secara langsung inovasi yang telah dibuat oleh kantor ini,” katanya.

Menteri Anas mengapresiasi layanan yang disediakan karena ramah bagi penyandang disabilitas. Kantor tersebut menyediakan jalur landai, jalan pemandu, toilet, hingga sistem antrian untuk masuk ruang persidangan. Selain itu website Pengadilan Agama Kab. Malang pun dibuat ramah penyandang disabilitas.

Tidak hanya inovasi, mantan Kepala LKPP ini juga menilai bahwa proses bisnisnya baik, mudah, dan cepat. Dalam kesempatan tersebut, ia berdialog dengan salah seorang warga, dimana menurut pengakuannya layanan yang diperolehnya sudah baik dan tidak dipungut biaya.

Menteri Anas berharap hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan Kementerian PANRB membuktikkan birokrasi berdampak dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat, seperti apa yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo.

“Mudah-mudahan semua kantor lembaga dan pemerintah daerah yang mendapat penghargaan dari Kementerian PANRB memang dampaknya dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Jurnalis: Agung Nugroho