PUPR rapat dengan komisi v di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2023). Dok: PUPR

JAKARTA – Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengungkapkan kisruh yang terjadi di jalan tol Jatikarya merupakan permasalahan hukum yang saat ini urusannya ada di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Hal itu dikatakan kepada watawan usai rapat dengan komisi v di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, tugas Kementerian PUPR untuk pembebasan lahan sudah selesai semua. Khususnya dalam menitipkan biaya pembebasan lahan ke pengadilan.

“Jatikarya itu, itu masih ada permasalahan hukumnya, nah itu BPN yang nanti yang akan mengeluarkan suratnya untuk konsinyasinya bisa diambil oleh yang sekarang atau nggak jadi itu ada permaalahan yang perlu diselesaikan. Tapi tugas kita PU sudah selesai tinggal tunggu BPN dan pengadilan,” ungkap Hedy Rahadian

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga angkat bicara soal masalah kisruh pembebasan lahan di Tol Cimanggis-Cibitung. Menurutnya, biasanya masalah seperti ini sering muncul di setiap pembebasan lahan.

Dia menjelaskan umumnya bila suatu kawasan tiba-tiba dilewati jalan tol mulai banyak oknum-oknum yang mengaku-ngaku memiliki lahan. Kasus di Cimanggis-Cibitung bisa jadi sama seperti itu permasalahannya.

Menurut Basuki, jadi biasanya, tapi ini dulu ya bukan cuma di Cimanggis, biasanya ada juga case pada saat belum ada jalan kan org nggak care, nggak ada harganya.

“Begitu ada tol, kan harganya naik, nanti begitu udah diganti kesini ada klaim ‘wah itu tanah saya, itu tanah saya.’ Nah itu yang terjadi biasanya ada pernak-perniknya di situ,” papar Basuki.

Tol Jatikarya yang merupakan bagian dari ruas tol Cimanggis-Cibitung tiba-tiba diblokir warga. Ini bukan pertama kalinya masalah serupa terjadi. Cuma yang jelas ganti rugi pembebasan lahan yang tak kunjung usai menjadi akar pemicunya.

Pemblokiran oleh warga yang mengaku sebagai ahli waris pemilik lahan Tol Jatikarya, pada Rabu (23/3/2023). Aksi tersebut terekam dalam sebuah video yang telah beredar, dan berlangsung sekitar 7 jam dari pukul 15.20 hingga 22.40 WIB.

Dalam video berdurasi 2.15 menit yang telah beredar, nampak tol Jatikarya diblokir. Pemblokiran menggunakan sepeda motor dan batang pohon.

Banyak pengguna tol meminta pemblokiran disetop dan jalan dibuka kembali.Bahkan sempat terjadi cekcok antara pengguna tol dan warga.

Jurnalis: Agung Nugroho