Raja Juli Antoni saat mengunjungi Kantor Pertanahan Kabupaten Jombang, Sabtu (15/10/2022). Dok: ATR/BPN

PEKANBARU – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Pekanbaru, pada Sabtu (15/4/2023), Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) melakukan peninjauan ke Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Riau.

Saat memberikan pengarahan kepada jajarannya, Raja Juli Antoni menggarisbawahi bahwa tugas Kementerian ATR/BPN dalam memperbaiki tata kelola pertanahan bukan sekadar mengurus soal teknis administrasi, namun turut berkontribusi dalam membangun identitas bangsa.

Raja Juli Antoni menilai tanggung jawab yang dimiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah suatu hal yang besar.

“Ada hal besar yang sedang kita kerjakan dan kita patut berbangga diri, berbangga hati, penuh suka cita dan bergembira. Tentu kita sebagai ASN mengerjakan aktivitas dan kewajiban, meski ada hal-hal yang kita korbankan, tapi kita ini orang yang terpilih untuk menjadi perekat kebangsaan dengan perbaiki manajemen pertanahan ini,” tuturnya.

Dia mengingatkan jajarannya untuk selalu melayani publik dengan baik dan benar, sebagaimana tagline Kementerian ATR/BPN, yaitu “Melayani, Profesional, Terpercaya”. Dia berpesan untuk selalu mengevaluasi apa yang dikerjakan setiap harinya, mengingat kepuasan masyarakat sangat berharga.

“Pada akhirnya, yang kita kerjakan dari hari ke hari, yang akan dirasakan oleh rakyat adalah layanan. Seperti tagline kita ‘Melayani’, jadi sering evaluasi diri setiap harinya, apakah kita sudah melayani dengan baik? Apakah rakyat sudah merasa dilayani? Karena menjadi ASN adalah pembantu atau pelayannya publik,” ujar dia.

Pada kesempatan ini, Kepala Kanwil BPN Provinsi Riau, Asnawati mengungkapkan rasa bangganya atas kunjungan serta pengarahan dari Wamen ATR/Waka BPN. Ia juga melaporkan terkait beberapa hal seperti data pokok pertanahan Provinsi Riau; data pokok kepegawaian; data pokok sarana prasarana; serta target dan realisasi Provinsi Riau.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Wamen menyempatkan kehadirannya di Riau. Semoga pengarahan dari Pak Wamen berguna dalam perbaikan untuk arah kemajuan di masa yang akan datang,” kata Asnawati.

Jurnalis: Agung Nugroho