Direktorat Jendral Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Gabriel Triwibawa saat di wawancarai khusus oleh Indonesiaparlemen.com di Kantor Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Jakarta. Dok: IP/Agung

JAKARTA- Direktorat Jendral Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Gabriel Triwibawa menyampaikan ada tiga hal penting yang harus dilakukan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Pembangunan yang berkelanjutan itu mempunyai tiga pilar penting. Salah satu pilar utama yaitu membangun untuk mendapatkan satu nilai ekonomi yang memang kita idam-idamkan,” kata Gabriel saat di wawancarai khusus oleh Indonesiaparlemen.com di Kantor Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, Jakarta.

Dia menjelaskan selain aspek ekonomi, ada dua aspek lainnya tidak kalah penting yaitu aspek sosial dan lingkungan.

“Jika nilai sosial ekonominya tinggi, tetapi ternyata sumber daya agraria tersebut hanya bisa dinikmati oleh sebagian kelompok dan saat ini saja, artinya tidak ada kelestarian atau keberlanjutan,” ujar Gabriel.

Dia menekankan perlunya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dipaduserasikan agar terjadi equilibrium resultant yang optimal.

“Jika kita tidak memiliki pendirian dan prinsip, maka yang terjadi adalah kita akan terus menerus berimprovisasi tanpa arah, sehingga mustahil untuk dapat melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho