Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dok: hum

JAKARTA –  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya siap mengamankan malam takbiran hingga salat Idulfitri. Supaya masyarakat terutama umat muslim bisa merayakan dengan tenang dan gembira.

“Terkait dengan pengamanan malam takbiran dan juga pelaksanaan salat Idulfitri, ini menjadi salah satu tugas kita dalam Operasi Ketupat,” kata Listyo dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4/2023).

Listyo mengatakan jajaran kepolisian telah memetakan wilayah-wilayah yang akan melaksanakan salat Idulfitri. Upaya itu memudahkan Polri mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Seluruh umat muslim yang merayakan hari kemenangan dapat menjalaninya dengan khusyuk, aman, dan nyaman,” jelas eks Kapolda Banten itu.

Listyo juga menginstruksikan adanya strategi dan langkah pengamanan komprehensif. Supaya rangkaian malam takbir bisa dilaksanakan dengan baik serta khusyuk.

“Seluruh jajaran Polri baik yang terbuka maupun tertutup dalam kondisi siap mengamankan dan mengawal,” ujar dia.

Jenderal Bintang empat itu juga mengimbau masyarakat tidak melakukan konvoi saat malam takbiran. Warga diminta mengumandangkan takbir di masjid maupun musala di sekitar tempat tinggalnya.

“Sedapat mungkin hindari konvoi yang kemudian terlalu jauh bisa mengganggu, kalaupun ada dibatasi. Silakan koordinasi dengan aparat setempat,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho