Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Km 414, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023) atau H-1 jelang Lebaran. Dok: Kemenhub

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan perkembangan terkait arus mudik Lebaran 2023, salah satunya terkait jumlah kecelakaan.

Dia mengatakan, pada arus mudik tahun ini, jumlah kecelakaan lalu lintas menurun cukup siginifikan hingga 33% dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik dengan hati-hati. Semoga angka ini tidak meningkat pada arus balik nanti,” kata Menhub Budi dalam rapat koordinasi di Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Kantor Kemenhub, Senin (24/4/2023).

Menhub juga kembali mengimbau untuk menghindari melakukan perjalanan balik pada 24 dan 25 April 2023. Tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2023.

“Saya menyampaikan kembali pesan dari Bapak Presiden Joko Widodo, yang menganjurkan masyarakat untuk melakukan perjalanan balik mulai Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu (26-29 April 2023), agar kepadatan tidak menumpuk di puncak arus balik yang dimulai pada hari ini dan besok,” ujarnya.

Menhub juga menyampaikan upaya antisipasi terkait upacara pelepasan balon udara di sejumlah daerah yang dilakukan tidak sesuai ketentuan, sehingga dapat membahayakan penerbangan. Menurutnya, pemerintah telah memberikan izin kegiatan pelepasan balon udara di dua daerah yaitu Pekalongan dan Wonosobo.

“Ada indikasi terjadi pelanggaran kegiatan pelepasan balon udara Kulonprogro, Purworejo dan Ponorogo. Untuk itu, saya sudah minta Airnav, Angkasa Pura I dan II berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan tersebut,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho