Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umm dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengakui sampai saat ini belum ada realisasi investasi di ibu kota negara (IKN) Nusantara dari pihak swasta.

“Kebanyakan investasi baru mentok hanya berupa komitmen letter of intent (LOI). Sampai saat ini semua investasi di IKN ada di Badan Otorita IKN Nusantara.,” ujarnya kepada wartawan di Kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2023).

Menurutnya, banyak investor belum merealisasikan investasi di IKN karena masalah tanah. Skema pembelian tanah itu dinilai belum jelas bagi investor.

“Kalau investasi dengan Otorita bos urusannya. Kan sudah ada yang masuk LOI, lewat saya udah beberapa LOI kita serahkan ke Otorita. Masalahnya adalah pembelian tanahnya ini yang belum disiapkan Otorita,” ucap Basuki.

Meski begitu, dia bilang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan segera mengajak para investor potensial untuk berkunjung bersama ke IKN. Hal ini dilakukan dalam rangka mengejar kepastian realisasi investor.

“Makanya Pak Presiden itu mau ke sana, kan sudah dibikin RDTR-nya maksudnya ini lho membangun apa di sini sini bisa,” pungkas dia.

Jurnalis: Agung Nugroho