Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung Km 414, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023) atau H-1 jelang Lebaran. Dok: Kemenhub

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengusulkan ditambahnya jalur Tol Cipali ke Kalikangkung. Dari dua jalur menjadi tiga sampai empat jalur.

Hal ini disampaikan sebagai catatan dalam acara Penutupan Command Center atau Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 di Kemenhub.

“Kalau idealnya (Tol) Cipali dari KM 72 sampai Kalikangkung itu tiga atau empat jalur,” ungkap Budi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Untuk itu, Budi telah menyampaikan usulan itu kepada Menteri Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Tercatat kalau di prasarana itu (Tol) Cipali kita (sudah) usulkan kepada Menteri PUPR untuk menjadi tiga line,” ujar Budi.

Usulan tersebut supaya kedepannya tidak perlu lagi dilakukan penerapan rekayasa lalu lintas sistem satu arah atau one way.

“Karena kalau tiga line mungkin kita bisa contraflow barangkali, tidak perlu one way,” sambung dia.

Terlebih saat ini ada Tol Cisumdawu sehingga pergerakan lalu lintas di Tol Cipali akan semakin banyak.

“Sehingga kita tidak mengubah suatu pergerakan-pergerakan yang kita haruskan menjadi one way tetapi minimal kita tahu kita punya Cisumdawu yang baru, Cisumdawu itu jumlah pergerakannya banyak. Minimal beberapa kilometer masuk di Cipali ke arah Kalikangkung maupun ke arah Jakarta itu ada tiga jalur untuk menampung volume tidak tersendat,” jelas Budi.

Meski demikian, Budi menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai penambahan jalur ini kepada Menteri PUPR.

“Yang berwenang untuk memutuskan ini adalah Kementerian PUPR, tapi saya sudah bicara dengan Pak Menteri PUPR minimal berapa kilometer pada saat Cisumdawu dioperasikan itu sudah jalan jadi itu hanya untuk Cisumdawu,” sebut Budi.

Selain menyoal penambahan jalur Tol Cipali (Cikampek-Palimanan) hingga Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, Budi juga berpesan kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) agar dapat memakai kapal yang lebih cepat dan besar supaya kapasitas penumpang bertambah.

Jurnalis: Agung Nugroho